Belajar Mobile Programming

Ujian Tengah Semester Ganjil 2019-2020

 

Mata Kuliah : Mobile Programming

Dosen : Agus Suharto


Nama : Sanwani

NIM : 161021450178

Kelas : 06TPLM002 

 

DESKRIPSI :
Nama Aplikasi : TOGAKU


Merupakan aplikasi android sederhana, walau sederhana ternyata tidak sesimpel kalimatnya 😁 untuk saya yang newbie, alhasil bisa bikin R51 (Headcache) alias sakit kepala 🤕. walau banyak yang lebih bagus dan sudah di publikasikan, saya tetap mencoba nya.

 

TOGAKU (Tanaman Obat Keluarga Ku) adalah aplikasi berbasis Android yang dirancang untuk memberikan informasi lengkap dan bermanfaat mengenai tanaman obat keluarga. Dengan TOGAKU, pengguna dapat menjelajahi dan memahami berbagai jenis tanaman obat yang dapat ditemui di sekitar mereka, serta memanfaatkannya untuk kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi lengkap dan menjelaskan manfaat tanaman obat tradisional. Aplikasi smartphone berbasis android menjadi salah satu solusi. Mengingat smartphone sekarang sudah menjadi satu kebutuhan primer bagi masyarakat yang praktis dan bisa digunakan kapanpun.

 

Dalam pembuatan aplikasi ini, saya memanfaatkan beberapa komponen Activity dan melakukan modifikasi minimal pada layout editor. Fokus utama proyek ini adalah pada pembuatan Form Login, yang diimplementasikan dalam file MainActivity.java dan Activity_main.xml.


a. Form Login Tanpa Koneksi Database: 

(MainActivity.java & Activity_main.xml)

 

MainActivity.java:

 Dalam file MainActivity.java, kami mengimplementasikan logika untuk form login.

- Tidak ada koneksi langsung ke database pada tahap awal ini, karena fokus utama adalah membangun antarmuka login.

- Logika ini berfokus pada validasi input pengguna dan memastikan bahwa kombinasi username dan password yang dimasukkan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.


Activity_main.xml:

- Dalam file layout (Activity_main.xml), saya merancang tata letak form login.

- Komponen-komponen seperti EditText untuk username dan password, tombol login, dan elemen-elemen UI lainnya ditempatkan secara estetis untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

- Selanjutnya menampilkan form login yang diteruskan ke halaman menu

 

Navigasi ke Halaman Menu:

- Setelah berhasil login, aplikasi ini secara otomatis akan meneruskan pengguna ke halaman menu.

- Pengaturan navigasi ini diatur dalam MainActivity.java setelah proses login berhasil diverifikasi.

- Pengguna akan mengalami perpindahan antarmuka menu dengan memanfaatkan fungsi-fungsi navigasi yang telah kami implementasikan.
 

b. Second Activity
Pada aktivitas ini menampilkan listview tanaman obat


SecondActivity.java:




Activity_second.xml:

c. Screenshoot Hasilnya :

Screenshoot1 screenshoot2 screenshoot3 screenshoot4